Axon 20 5G, Ponsel Pintar dengan Under-Display Camera Pertama di Dunia

Shenzhen, Beritasatu.om – ZTE Corporation pada Kamis (3/9) meluncurkan ZTE Axon 20 5G, ponsel pintar dengan under-display camera pertama di dunia. Lewat Axon 20 5G, ZTE menghadirkan ponsel pintar dengan true full display pertama di industri.

“ZTE Axon 20 5G menjadi awal dari strategi produk baru ZTE. Ponsel pintar akan menjadi fokus utama kami dalam inovasi produk. Kami juga berkomitmen untuk mengembangkan produk mobile broadband bagi individu dan keluarga, perangkat smart wearable, serta sejumlah produk baru lainnya yang mewujudkan kehidupan canggih di era 5G,” ujar Presiden ZTE Mobile Devices, Ni Fei dalam siaran pers.

Didukung Teknologi Five Core

Sebagai produsen smart terminal yang terkemuka di dunia, ZTE telah berkomitmen untuk membuat terobosan lewat teknologi under-display camera. Berkat teknologi five core, termasuk material khusus, dual-control chip, unique driver circuit, special pixel matrix, serta in-house selfie algorithm, ZTE berhasil mengatasi beragam tantangan teknis dalam penelitian dan pengembangan.

Selain itu, demi menyeimbangkan kinerja layar ponsel dan kamera depan, ZTE telah memakai material yang sangat transparan. Material ini terdiri atas lembaran film organik dan anorganik sehingga menambah arus cahaya yang memasuki kamera depan.

Built-in independent dual-control chip dan driver circuit yang terintegrasi digunakan demi mewujudkan sinkronisasi warna antara kamera depan dan layar konvensional. Desain tata letak unique driver circuit, dan komponen precision miniaturization telah dimanfaatkan demi menghindari interferensi, serta mengurangi beban kamera depan.

Di sisi lain, ZTE telah menciptakan matriks khusus yang dapat mengoptimalkan piksel dan meningkatkan konsistensi layar agar transisi berlangsung lebih natural.

Algoritma swafoto ZTE pada kamera depan juga mampu mengoptimalkan kinerja kamera di tengah sejumlah kondisi pencahayaan, serta mendukung automatic dynamic range adjustment sehingga kejernihan foto dan kontras gambar meningkat drastis.

Revolusioner dengan True Full Display

ZTE telah memanfaatkan teknologi under-display baru, termasuk ambient light, audio, serta sensor sidik jari agar true full screen hadir tanpa punch hole. Sensor cahaya yang inovatif bisa mengatur kecerahan layar secara otomatis berdasarkan kondisi pencahayaan. Dengan demikian, layar terlihat jelas kapan pun.

Sebagai ponsel pintar dengan under-display camera yang pertama di dunia, ZTE Axon 20 5G menjadi pencapaian baru dalam upaya mewujudkan ponsel pintar dengan true full display. ZTE Axon 20 5G dilengkapi layar OLED 6,92 inci yang mendukung kedalaman warna 10 bit dan gamut warna DCI-P3 hingga 100%. Hasilnya, kinerja layar mencapai standar warna sinema digital.

Selain itu, resolusi FHD+ dan material OLED telah menciptakan warna layar yang lebih jernih dan indah. Berkat rasio panjang-lebar sebesar 20,5:9 serta audio DTS:X Ultra 3D, ZTE Axon 20 5G mampu menyajikan tayangan sinematis.

Mengutamakan Desain

Ponsel yang memiliki ketebalan 7,98 mm ini dilengkapi desain yang sangat ringkas dengan dua garis (double shoulder line), ZTE Axon 20 5G mempertahankan gaya ZTE Axon Series yang simpel.

Layar kaca 3D yang melengkung terdiri atas 10 lapis struktur, serta dibuat dengan cermat melalui 36 proses demi menghasilkan tekstur yang istimewa dan indah. Axon 20 5G hadir dalam empat warna cerah, termasuk biru, hitam, ungu, dan jingga.

Lebih lagi, ZTE telah berkolaborasi dengan ilustrator ternama asal Inggris Sam Falconer untuk membuat kemasan ZTE Axon 20 5G yang eksklusif. Desain ini mengajak kawula muda untuk menjajaki berbagai peluang yang hadir berkat sejumlah teknologi modern. Secara artistik, desain ini juga mencerminkan kontribusi empat ilmuwan ternama bagi kemanusiaan.

Super Antenna 2.0

ZTE Axon 20 5G memiliki teknologi antena yang lebih baik demi menjamin pengalaman 5G yang supercepat di mana pun dan kapan pun. Super Antenna 2.0 ZTE ialah antena PDS mutakhir dengan desain 360-degree surround integrated dan teknologi intelligent closed-loop tuning. Desain dan teknologi ini mampu meningkatkan stabilitas koneksi jaringan dan kecepatan unduhan.

Lebih lagi, 12 antena berbeda telah terintegrasi ke dalam lapisan luar pada rangka tengah ponsel. Antena-antena ini terletak jauh dari motherboard, dan komponen internal sehingga penerimaan sinyal bisa dilakukan secara lebih sensitif, dan pencarian jaringan berlangsung lebih cepat.

Meski berada di kereta supercepat, pergantian jaringan masih dapat dilakukan antara jaringan privat pada kereta supercepat dan jaringan di darat. Hal tersebut menjaga mutu panggilan telepon. Selain itu, sinyal jaringan dijamin stabil di dalam lift, garasi di bawah tanah, serta lingkungan lain dengan keterbatasan sinyal.

Kompatibel dengan jaringan yang disediakan empat operator utama di Tiongkok, ZTE Axon 20 5G memiliki teknologi akselerasi jaringan yang canggih, dan sanggup meningkatkan kecepatan unduhan sebesar 30%, menurut hasil tes di laboratorium ZTE. Teknologi ini secara canggih menghindari pita frekuensi dengan sinyal yang padat.

Fitur-Fitur Terintegrasi untuk Merekam dan Mengedit Video

ZTE selalu berupaya untuk meningkatkan fitur-fitur video pada ponsel pintarnya. Langkah ini dilakukan ZTE demi memenuhi kebutuhan pengguna muda di era 5G.

ZTE Axon 20 5G memiliki kamera utama super HD 64 MP yang mendukung video 4K beresolusi tinggi pada 60 fps, super night scene, video beauty, serta real-time HDR video dalam beragam kondisi pencahayaan. Di sisi lain, lensa utama dan lensa bersudut lebar memiliki fitur stabilitasi gambar yang membantu pengguna untuk merekam video dengan mutu yang lebih baik.

Di samping itu, perangkat lunak kamera dilengkapi enam template canggih untuk membuat video yang penuh gaya, serta dapat mencocokkan beragam jenis musik dengan efek transisi khusus. Moda rekaman film full-screen yang unik, dengan rasio di bawah 20,5:9, mampu mendukung efek portrait bokeh dan portrait beauty, sehingga video dapat dikustomisasi secara lebih lanjut.

Moda AI voice subtitling shooting memberikan fitur penyuntingan video yang serbaguna, seperti splicing, speed change, regional cropping, filtering, dan musik latar supaya pengguna dapat mengedit video dengan lebih nyaman.

Dengan dukungan platform seluler Qualcomm® Snapdragon™ 765G, ZTE Axon 20 5G menampilkan system optimization engine generasi baru untuk seluruh skenario. Dengan engine tersebut, sejumlah aplikasi yang paling sering dipakai lebih mudah diaktifkan, hingga 40% lebih cepat. Sementara itu, menurut hasil tes di laboratorium ZTE, pengalaman gaming dan video juga tampil lebih baik.

Di sisi lain, sistem MiFavor 10.5 UI terkini memberikan optimasi layar berstandar film dan proyeksi smart screen, sedangkan, baterai berkapasitas besar 4.220 mAh mendukung 30 W Quick Charge, serta moda hemat baterai 5G yang mengirit usia pakai baterai sebesar 35%.

ZTE Axon 20 5G turut didukung sembilan sensor suhu untuk mendeteksi temperatur secara akurat. Disipasi panas kini tampil lebih baik dengan triple intelligent heat dissipation system yang terdiri atas liquid cooling circulation, carbon nanofiber thermal pad, serta material grafit. Ponsel pintar tetap dingin ketika pengguna bermain game, menonton video pendek, atau menonton film.

Peluncuran ZTE Axon 20 5G telah membuktikan kemampuan ZTE dalam menjawab kebutuhan konsumen, serta keunggulannya dalam litbang teknis dan inovasi produk. Ke depan, ZTE akan terus bertekad untuk mewujudkan gaya hidup canggih bagi konsumen yang menginginkan merek segar, berteknologi tinggi, serta trendi.

Ponsel ZTE Axon 20 5G ini baru tersedia melalui prapemesanan di Tiongkok mulai 1 September 2020 dengan harga sekitar 2.198 yuan (Renminbi).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: