Berikut 4 Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai TeknologI 5G

08

RINGTIMES BANYUWANGI  – Seiring dengan perkembangan zaman, semakin pesat juga imbasnya terhadap dunia teknologi.  Sebagai salah satu  pilar utama dalam aktivitas sehari-hari, teknologi tersebut juga ikut berkembang demi memudahkan hidup bagi yang menggunakannya dengan baik dan tepat.

Awal munculnya teknologi 3G sangat digemborkan karena memberikan banyak kemudahan, khususnya dalam kecepatan internet serta fitur video call. Berlanjut ke teknologi 3.5G hingga 4G, akhirnya pada tahun lalu, mulai muncul 5G.

Teknologi jaringan 5G adalah salah satu bukti dari inovasi yang terus dilakukan. Tanpa ada rasa bosan sekaligus rasa cukup, teknologi telekomunikasi terus dikembangkan. Pada akhirnya, munculah jaringan 5G.

Walau sebenarnya teknologi 4G masih memadai untuk saat ini, kemajuan pesat teknologi membuat semuanya tidak hanya diam di tempat. Dalam teknologi 5G, sistem kerja yang dipakai pun tetap seperti biasa. Data akan dikirimkan melalui gelombang radio yang terbagi menjadi frekuensi yang memiliki perbedaan masing-masing.

Berikut ini seperti kami lansir dari unggahan akun instagram @siberkreasi, yang membahas mengenai teknologi 5G.

  1. Harga Retail Mencapai 3 Kali Lipat dari 4G

Pada tahun 2019 mantan Menkominfo Rudiantara memperkirakan teknologi 5G memiliki kecepatan 10 kali lipat kecepatan 4G. Sehingga untuk konsumen retail harga diperkirakan 3 kali lebih mahal dari 4G.

  1. Teknologi 5G Bukan Milik Satu Perusahaan Tunggal

Namun perusahaan-perusahaan besar yang berperan dalam ekosistem seluler bekerja sama untuk menjadikan teknologi ini menjadi penerus teknologi 4G. (ada logo perusahaan mobil kayak Qualcomm, Huawei, Samsung, dsb).

  1. 5G Sudah Tersedia di Beberapa Negara

Pada bulan Juni 2020 teknologi 5G sudah tersedia di 38 Negara, dari Amerika Serikat hingga Thailand. Namun Indonesia belum termasuk di dalam list.

  1. Beberapa Operator Sudah Melakukan Uji Coba

Pada tahun 2019, Operator telekomunikasi seperti Telkomsel, XL, Indosat, Tri, dan Smartfren sudah melakukan uji coba teknologi 5G dengan hasil yang berbeda dari masing-masing operator.***

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: