Indonesia Actor- Isyana Sarasvati

15

Isyana Sarasvati (lahir di Bandung, 2 Mei 1993; umur 27 tahun) merupakan penyanyi dan pencipta lagu berkebangsaan Indonesia. Isyana merupakan lulusan dari Nanyang Academy of Fine Arts, Singapura dan Royal College of Music, Britania Raya. Isyana yang mengkompos sendiri semua lagunya juga pernah menjadi penyanyi opera di Singapura. Dia telah mendapat penghargaan sebagai “Best Asian Artist Indonesia 2016, Best Composer of the Year 2017” dari MAMA Awards dan dinobatkan dalam “30 Under 30 Asia 2020” oleh Forbes.

Sebelum publik mengenalnya sebagai penyanyi pop dan penulis lagu yang populer, ia lebih dulu terjun di dunia musik klasik sebagai solois dan resitalis. Ia juga telah berpartisipasi dalam berbagai kompetisi musik yang membentuknya menjadi musisi penuh talenta hingga seperti sekarang. Prestasinya termasuk menjadi komposer terbaik pada usia 15 tahun, salah satunya menciptakan komposisi lagu yang bertajuk “Wings of Your Shadow”, lagu tersebut terpilih sebagai komposisi terbaik dan masuk kedalam Top 12 electonis dari 3.500 peserta anak-anak di dunia pada International Junior Original Concert. Sebagai hasilnya, ia terpilih untuk konser pada IJOC 2008 di Bunkamura Hall, Tokyo, Jepang. Isyana bergabung dengan Sony Music Entertainment Indonesia pada tahun 2014 dan mulai merilis 2 single, “Keep Being You” (2014) dan “Tetap Dalam Jiwa” (2015). Ia juga telah merilis 3 album yang banyak mendapat respon positif dan sukses di pasaran.

Pada 2 September 2018, di Asian Games 2018 ke-18 Jakarta-Palembang, Indonesia, Isyana menjadi penampil pertama dalam Closing Ceremony Asian Games dengan lagu “Asia’s Who We Are” di hadapan lebih dari 55.000 audiens di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Pada Mei 2019, Walt Disney Pictures menggandeng Isyana bersama Gamaliel Tapiheru untuk menyanyikan lagu soundtrack di film Disney, Aladdin yang berjudul “A Whole New World” versi Indonesia, namun tetap menggunakan Bahasa Inggris. Atas kesempatannya tersebut, mereka berdua pun secara langsung mewawancarai Alan Menken selaku komposer dalam film-film Walt Disney Animation Studios di Tokyo, Jepang. Di bulan Juli 2019, Isyana resmi menjadi juri The Voice Indonesia menggantikan posisi Anggun bersama juri bertahan lainnya seperti Armand Maulana, Titi DJ, Nino RAN & Vidi Aldiano.

Pada April 2020, Isyana berhasil masuk dalam daftar 30 under 30 Forbes Asia versi Forbes pada kategori Entertainment & Sports dan juga masuk di kategori Celebrities (kategori khusus). Isyana dianggap berpengaruh karena berbagai prestasi & karya yang di hasilkan serta menarik perhatian sehingga terpilih dari 3.500 nomine di seluruh Asia Pasifik, dengan penjurian dari para jurnalis Forbes di wilayah tersebut dan para veteran dalam masing-masing kategori yang ada.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: