Teknologi dan Inovasi yang Dikenalkan Apple di WWDC 2020

27

KOMPAS.com – Apple resmi menggelar ajang tahunan Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020, namun kali ini disiarkan secara online, pada Selasa (23/6/2020) dini hari tadi.

Pada kesempatan tersebut, Apple memperkenalkan deretan fitur dan teknologi terbaru yang akan dipakai di produk-produk buatan Apple.

Sebagian besar adalah sistem operasi untuk perangkat-perangkat Apple, seperti iOS 14 untuk iPhone dan iPod Touch, iPadOS untuk iPad, MacOS Big Sur untuk komputer Mac, tvOS untuk Apple TV, serta WatchOS untuk Apple Watch.

Lantas fitur-fitur apa saja yang dihadirkan Apple dalam sistem operasi tersebut?

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah rangkuman teknologi dan fitur baru yang dikenalkan Apple di ajang WWDC 2020, dirangkum KompasTekno dari situs resmi Apple, Selasa (23/6/2020).

28

Lihat Foto Apple MacOS Big Sur(Mac Rumors)

MacOS Big Sur

– Safari

Safari merupakan browser khas yang dimiliki oleh Apple. Pada MacOS Big Sur, Safari bisa memonitor password yang disimpan pengguna untuk berjaga-jaga, apabila password dibobol.

Ada pula tombol “Privacy Report” yang akan memberi tahu data apa saja yang dilacak situs yang baru saja dikunjungi.

Ada juga fitur baru yang memungkinkan pengguna menyesuaikan gambar pada halaman browser, Reading List, serta tambahan tab iCloud pada browser.

– Mac Catalyst baru

Bahasa pemrograman (API) Mac Catalyst pertama kali hadir di seri MacOS Catalina. Dengan Mac Catalyst, pengembang aplikasi iPad dapat mengintegrasikan aplikasinya di komputer Mac.

Kini, aplikasi tersebut lahir kembali dengan membawa tampilan yang lebih segar, serta menawarkan kemudahan bagi pengembang yang ingin mengontrol tampilan dan perilaku aplikasi mereka.

29

Lihat Foto Tampilan antarmuka iOS 14.(Apple)

iOS 14

– App Library

Fitur ini dapat dibilang mirip dengan App Drawer (aplikasi laci) yang dimiliki Android.

App Library berfungsi untuk mengelompokkan aplikasi ke dalam berbagai kategori tertentu secara otomatis, seperti recently added untuk aplikasi baru yang di-install, social media, entertainment, dan sebagainya.

– App Clips

Apple kini menghadirkan App Clips, sebuah aplikasi yang dapat memudahkan pengguna melakukan transaksi pembayaran. Dengan App Clips, pengguna Apple dapat menggunakan fitur NFC dan QR Code untuk melakukan kegiatan seperti membayar parkir.

Kode pada App Clips juga dapat dibagikan melalui aplikasi perpesanan Messages dan browser Safari.

– Pesan yang Dipin pada Messages

Pengguna Apple kini tak lagi harus cemas ketinggalan chat. Sebab pada iOS 14, pengguna kini mampu untuk menempelkan pesan atau percakapan, sehingga pesan tersebut tidak terdorong oleh pesan-pesan baru yang bermunculan setelahnya.

Uniknya, pengguna juga bisa mengirim balasan pada pesan yang ditempel tersebut secara langsung, sehingga percakapan dapat dilanjutkan pada pesan yang ditempelkan tersebut.

– Rute Sepeda pada Maps

Selain menyediakan rute bagi para pengendara sepeda motor, kendaraan bermobil serta pejalan kaki, aplikasi Maps kini turut menyediakan rute khusus untuk para pengguna sepeda.

Adapun informasi yang akan disajikan oleh Maps meliputi tingkat ketinggian dataran rute, kondisi kepadatan lalu lintas serta ketersediaan tangga di sepanjang rute yang diambil.

iPadOS 14

– Menulis menggunakan Apple Pencil

Menawarkan bidang permukaan yang luas, tak jarang jika iPad kerap digunakan untuk menggambar sketsa ataupun sekedar menulis kata-kata.

Uniknya, iPadOS 14 kini mampu mendeteksi tulisan tangan pengguna, serta mengubahnya menjadi teks. Teks tersebut juga dapat disalin dan ditempel pada aplikasi perpesanan iMessage serta browser Safari.

– Search

Apple kini turut menyertakan fitur pencarian (search) pada semua aplikasinya. Dengan begini, pengguna tak lagi harus meninggalkan aplikasi untuk sekadar melakukan pencarian.

30

Lihat Foto Apple Watch Series 4(Istimewa)

WatchOS 7

Apple juga turut menghadirkan sejumlah pembaruan pada sistem operasi watchOS7 pada wearable Apple Watch. Salah satu di antaranya merupakan fitur timer yang dapat secara otomatis aktif ketika pengguna mulai mencuci tangan.

Apple Watch kemudian akan menghitung mundur waktu selama 20 detik. Jika pengguna selesai lebih awal daripada hitungan mundur tersebut, maka pengguna akan diminta untuk melanjutkan cuci tangan.

Dengan mengunduh aplikasi tambahan pada perangkat iPhone mereka, pengguna Apple Watch kini dapat melacak dan mengatur rutinitas waktu tidur mereka.

Selain itu, pengguna juga bisa membagikan tampilan layar Apple Watch mereka melalui Messages, Mail, atau pada media sosial.

tvOS 14

Pengguna Apple TV juga akan kedatangan sejumlah fitur anyar yang tak kalah mengagumkan. Beberapa peningkatan terjadi pada Apple Arcade, yang kini mampu melanjutkan beberapa game yang sebelumnya ditinggalkan secara otomatis.

Selanjutnya, pengguna Apple TV juga dapat mengakses kamera video pada Homekit menggunakan asisten Siri dan Control Center, serta menampilkan keadaan di luar rumah melalui Apple TV.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: