Jurgen Klopp: Mustahil Bagi Liverpool Ulangi Era Dominasi Manchester United

29

Klopp menilai persaingan era sekarang berbeda dengan saat United mendominasi dahulu hingga mampu meraih 13 trofi Liga Primer.

Jurgen Klopp meyakini mustahil bagi Liverpool untuk bisa mengulangi era dominasi Manchester United saat pasukannya kini di ambang menjuarai Liga Primer Inggris musim ini.

The Reds saat ini memimpin puncak klasemen dengan keunggulan 22 poin atas Manchester City sebagai pesaing terdekat dan berpeluang kembali melebarkannya apabila meraih kemenangan dalam Derbi Merseyside melawan Everton di Goodison Park, Senin (22/6) dini hari WIB.

Sejak 1990, Liverpool sama sekali belum pernah menjadi kampiun kasta tertinggi di Inggris dan sebaliknya, sejak era Liga Primer dimulai, United di bawah arahan Sir Alex Ferguson mendominasi dengan raihan 13 gelar juara antara 1992 dan 2013.

Lonjakan prestasi itu membuat United kini total mengoleksi 20 trofi liga domestik termasuk kompetisi format lama dan Liverpool berpeluang mendekatinya dengan meraih titel ke-19 dalam sejarah saat mengangkat trofi musim 2019/20.

“Saya pikir tidak mungkin untuk mendominasi, sejujurnya,” kata Klopp, yang sukses membawa Liverpool menjuarai Liga Champions musim lalu.

“United [saat mendominasi] memiliki komposisi skuad yang cukup bagus, dengan manajer luar biasa yang memiliki penciuman bakat luar biasa terhadap para pemain dan waktu fantastis untuk berapa lama Anda membutuhkan pemain di tim.”

“Pengganti seorang pemain yang pergi selalu didapatnya secara luar biasa – dan juga ada dana belanja. Kombinasi itu sangat bagus bagi United. Kami pasti telah melakukan sesuatu yang benar, jelas, sampai sekarang. Tapi kami harus melakukan hal-hal semacam itu – dan bahkan mungkin lebih – untuk tetap mempertahankan kesuksesan.”

“Dan percayalah, tim-tim lain juga tidak akan berhenti. United akan berusaha bangkit dan Chelsea sudah satu langkah di bursa transfer ketika yang lainnya belum melakukan apa pun karena situasi yang tidak menentu.”

“Dan ketika saya melihat Manchester City mengalahkan Arsenal, saya bertanya bagaimana mungkin kami bisa memiliki 22 poin lebih banyak dari mereka?”

Sementara itu, Klopp mengkritik perdana menteri Inggris, Boris Johnson atas penanganannya terhadap pandemi coronavirus.

“Saya tidak khawatir sedetik pun bahwa pemerintah dapat merugikan gelar juara kami karena saya lebih mengkhawatirkan jumlah orang-orang yang terinfeksi, dan saya masih khawatir,” katanya.

“Saya tidak memilih pemerintahan ini. Pemerintahan ini adalah pilihan orang lain. Dan masalah yang saya miliki adalah ketika membaca berita dari Inggris dan Jerman. Jika alien melihat kedua negara dari dunia luar, mereka akan mengira kita berasal dari dua planet yang berbeda.”

“Dari sudut pandang pribadi, saya tidak mengerti mengapa kami mulai memakai masker di area tertutup pada 15 Juni, ketika lima atau enam pekan yang lalu sudah terlebih dahulu dilakukan oleh negara-negara yang lain.”

COVID-19 sudah merusak tatanan global, dengan mencatatkan lebih dari 42.500 angka kematian di Inggris dari sedikitnya 303.000 kasus positif. Krisis virus corona juga menghentikan Liga Primer musim 2019/20 pada Maret lalu sebelum bisa kembali digelar pekan ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: