5 Tips Membersihkan Jam Tangan di Rumah ala TIK-TOK Watch Repair

21

- Advertisement -

Ada kesibukan yang pas nih buat kamu yang lagi jaga jarak dan diam di rumah. Yaitu membersihkan jam tangan. ya, jam tangan jadi benda penting buat kamu, kan? Sayang banget kalau tidak dirawat, apalagi sering dipakai hangout bareng keluarga atau teman. Lalu, gimana cara merawatnya? Gak perlu ke toko jam tangan buat membersihkannya. Sebab kamu bisa melakukannya sendiri di rumah.

TIK-TOK Watch Repair membagikan tips secara buat kamu yang ingin membersihkan jam tangan sendiri. Berikut ini tips membersihkan jam tangan kesayangan, yang dilansir dari tiktokrepair.com menurut Chief Creative Officer TIK-TOK Watch Repair, Edward:

1. Rendam jam tangan ke dalam mangkuk berisi air panas dan pastikan knop jam tangan anti air (water resistant) tertutup rapat

5 Tips Membersihkan Jam Tangan di Rumah ala TIK-TOK Watch Repair

Menurut Edward, kamu harus memastikan dulu knop jam telah tertutup rapat sebelum direndam ke dalam air panas. Khususnya untuk jam tangan bertipe water resistant.

Gunanya untuk mempermudah melepaskan partikel-partikel kotoran yang melekat pada jam tersebut. Kotoran akan luntur atau luluh dengan sendirinya.

“Memang tidak sepenuhnya luluh, namun ini merupakan langkah pertama untuk membersihkan sebagian besar kotoran yang melekat, baik pada dial jam maupun strapnya,” kata Edward, saat diwawancara beberapa waktu lalu.

2. Gunakan sikat gigi untuk menyikat jam tangan supaya bersih

5 Tips Membersihkan Jam Tangan di Rumah ala TIK-TOK Watch Repair

Sikat gigi menjadi pilihan alat untuk membersihkan jam tangan dari kotoran yang melekat. Namun yang perlu diperhatikan adalah pastikan jika sikat gigi bekas yang kamu gunakan itu tetap bersih. Supaya tidak menambah kotor jam tangan kalian.

“Sikat area muka, belakang, hingga strap jam tangan dengan halus dan perlahan. Bisa juga menggunakan sabun cuci piring atau sejenisnya yang dicampur ke dalam air hangat sambil menyikat jam,” lanjut Edward.

3. Selesai proses perendaman dan penyikatan, kamu bisa mengeringkan jam tangan menggunakan blower khusus atau hair dryer

5 Tips Membersihkan Jam Tangan di Rumah ala TIK-TOK Watch Repair

Setelah proses perendaman dan penyikatan selesai, kamu dapat mengeringkan jam tangan menggunakan blower khusus atau hair dryer. Caranya dengan mengarahkan blower atau hair dryer ke sudut-sudut kecil jam, agar air yang menyelip di sela-sela jam tangan ikut kering.

4. Lap jam tangan menggunakan lap microfiber (Lap khusus kaca atau gadget)

5 Tips Membersihkan Jam Tangan di Rumah ala TIK-TOK Watch Repair

Memasuki tahap finishing, kamu dapat menggunakan lap microfiber untuk mengeringkan dan membuat kinclong kaca jam tangan. Lap ini mudah didapatkan di toko-toko kamera maupun toko online. Pastikan juga bahwa microfiber dalam kondisi bersih dan kering, supaya jam tangan dapat bersih maksimal.

 

5. Mau membersihkan sendiri tapi takut rusak dan nggak maksimal. Serahkan saja pada ahlinya

5 Tips Membersihkan Jam Tangan di Rumah ala TIK-TOK Watch Repair

Untuk meminimalisir risiko kerusakan saat membersihkan jam tangan di rumah, serta menjamin kebersihannya secara maksimal, kamu bisa memakai jasa ahlinya.

“Bawa aja jam tangannya ke jasa pembersih jam. Untuk memastikan daki atau kotoran yang tidak mungkin dijangkau oleh lap atau sikat kecil sekalipun supaya bersih layaknya baru,” tutup Edward.

Gampang banget kan? Semoga jam tanganmu bersih dan awet ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: