Advertisements

Hyundai i20 2020 Dikenalkan, Sarat Desain dan Teknologi Baru

26

SEOUL, Carvaganza.com – Munculnya foto i20 terbaru menguak rencana Hyundai melansir compact hatchback terbarunya. Meski sedikit terpengaruh namun generasi ketiga i20 ini menawarkan banyak hal menarik. Tak hanya memperlihatkan desain baru yang lebih segar, mobil ini juga disematkan sejumlah terobosan teknologi dan sistem keselamatan yang disebut paling komprehensif di kelasnya.

Tujuan upgrade ini jelas untuk menetapkan standar lebih tinggi lagi di hatchback segmen-B. Seberapa banyak ubahannya?

Kita mulai dari desain eksterior i20, yang terlihat akrab dan segar secara bersamaan. Ada kemiripan dengan Sonata. Bahasa desain Hyundai terlihat dari gril besar dan garis tegas dan kaku di fasia depan. Kini dibuat menyatu dengan headlamp seolah dalam satu bagian. Sekilas ada kemiripan dengan wajah Mazda3. Desain lamu utama dirancang membentuk bahu yang meninggi ke arah belakang.

Seperti dilansir motor1, di bagian samping terlihat seperti ada tarikan dari depan hingga ke belakang, membentuk harmonisasi yang apik. Di bagian belakang, i20 mendapatkan lampu LED lebar yang menghubungkan lampu belakang baru. Desain lampu menyatu yang posisinya dibuat rendah. Yang terlihat unik adalah sudut lampu a la bumerang menyatu dengan tutup tangki bahan bakar.Fasia belakang juga terlihat sedikit lebih bersih.

Desain Fresh

Dari desain cukup menggambarkan visi-misi Hyundai Motor. Rombakan total pada i20 pantas dilakukan. Porporsi tubuhnya masih mencirikan small hatchback. Atap merendah, tapi bodi lebih lebar 30 mm dan lebih panjang 5 mm dibandingkan model sebelumnya. Penambahan ukuran tentu diikuti kian panjangnya wheelbase 10 mm. Otomatis hal ini menambah lega ruang kabin. Kapasitas bagasi disebutkan bertambah hingga 25 liter.

Hingga saat ini memang belum ada rilis resmi terkait interior. Namun dari sketsa yang beredar terlihat jika nilai lebih diberikan pada bagian ini. Bagian kabin dibuat minimalis, tanpa banyak memberi tombol. Fokus utama tertuju pada layar monitor besar di tengah yang berhimpitan dengan panel instrumen. Keduanya sama-sama memiliki ukuran 10,25 inci.

Fitur Digital

Berbagai fitur digital digunakan Hyundai. Sebut saja fitur charging nirkabel, Apple CarPlay, Android Auto dan sound system keluaran Bose 8 speaker. Terdapat juga layanan Bluelink Connected Car Services.

Oh ya, peranti keselamatan juga naik kelas. Paket safety SmartSense menyediakan sistem canggih berbasis navigasi. Fitur cruise control kini semakin pintar dengan bisa memonitor lokasi kendaraan dan mengatur kecepatan secara otomatis.

Fitur aktif pencegah kecelakaan banyak tersedia: Lane-keep assist, lane-departure warning, blind-spot monitoring, cross-traffic alert dan forward-collision warning yang mampu mendeteksi pejalan kaki.

Pilihan Mesin

Urusan mesin, juga ada pilihan baru. Paling standar, 4-silinder 1,2-liter dengan hasil tenaga 83 hp (84 PS). Mesin ini dipadukan dengan transmisi manual 5-speed. Pilihan lain adalah 3-silinder 1.0 liter GDI turbo. Tersedia dalam output 99 hp (100 PS) atau 118 hp (120 PS). Kemudian ada pilihan sistem mild hybrid 48-volt yang bisa dipasangkan ke mesin. Kelistrikan 48-volt diklaim dapat mereduksi 3-4% konsumsi bahan bakar dan emisi CO2.

Soal transmisi juga spesial bila menggabungkan dengan sistem mild hybrid. Tersedia transmisi kopling ganda 7-speed (7DCT) atau Intelligent Manual Transmission (iMT) 6-speed. Transmisi manual ini secara otomatis memisahkan mesin dan girboks begitu pedal akselerator dilepas. Mobil pun meluncur seperti dalam gigi netral untuk menghemat bahan bakar.

Belum ada keterangan mengenai harganya. Rencananya mobil ini akan melakukan debut resmi di muka publik awal Maret di Geneva Motor Show.

Advertisements

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: