Rangkuman Berita Startup & Teknologi Indonesia dalam Sepekan – 30 November 2019

Akhir pekan telah tiba, saatnya berjumpa dengan rubrik Startup & Teknologi dalam Sepekan di Tech in Asia. Pada edisi 30 November 2019 kali ini, kami telah merangkum beberapa berita startup dan teknologi menarik yang terjadi sepanjang pekan.

Kami juga berbagai agenda event seputar startup pilihan yang bisa kamu hadiri pekan depan. Berita seputar startup kali ini diisi oleh Tamasia dan GrabKios jalin kolaborasi, info soal Warung Pintar dan Mitra Tokopedia, hingga Bhinneka.com yang bertransformasi jadi Business Super-Ecosystem. Selengkapnya berikut ini:


Tamasia dan GrabKios berkolaborasi jual emas

Tamasia

Tamasia dan Grab melalui mitra-mitra GrabKios berkolaborasi menghadirkan layanan keuangan dalam bentuk tabungan emas digital. Fitur ini memungkinkan mitra GrabKios menawarkan ke pelanggan mereka tabungan emas yang aman, tepercaya dan sesuai dengan kaidah syariah.

Kolaborasi ini merupakan tindak lanjut setelah terpilihnya Tamasia dalam program Grab Venture Velocity (GVV). Mitra GrabKios bisa menjual tabungan emas Tamasia mulai dari Rp10.000, yang akan dikonversikan dengan gram sesuai harga emas saat itu. Pembayaran bisa dilakukan melalui virtual account berbagai bank ternama, pembayaran instan seperti OVO dan juga gerai retail Alfamart.


Warung Pintar dan Mitra Tokopedia buat gerakan Warung Nasional

Perusahaan teknologi bisnis mikro Warung Pintar bersama Mitra Tokopedia bekerjasama untuk meluncurkan Gerakan Warung Nasional. Gerakan ini bertujuan mengajak masyarakat untuk mengapresiasi para pelaku warung Tanah Air. Karena mereka telah berkontribusi selama puluhan tahun untuk perekonomian Indonesia.

Guna menyukseskan Gerakan Warung Nasional, Warung Pintar dan Mitra Tokopedia juga melibatkan dukungan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Koperasi dan UKM. OVO, perusahaan layanan keuangan digital yang merupakan mitra strategis dalam gerakan ini, akan meluncurkan produk pinjaman dan edukasi QRIS yang merupakan program Bank Indonesia.


Bhinneka.com bertransformasi jadi business super-ecosystem

Pionir e-commerce di Indonesia sejak 1993, Bhinneka.Com bertransformasi menjadi Business Super-Ecosystem, yakni sebuah ekosistem yang menghadirkan layanan sektor jasa pertama dan terlengkap bagi kebutuhan bisnis di Indonesia, dari UMKM sampai Enterprises.

Business Super-Ecosystem menghubungkan para pelaku bisnis secara komprehensif (business enabler) mulai dari para penghasil barang, penyedia jasa, fintech, layanan logistik, dengan para pelanggan yang terdiri dari UMKM, UKM dan enterprises.


OYO Hotels and Homes mulai garap potensi MICE

OYO Hotels & Homes bersama 3 komunitas penyelenggara event di Indonesia yaitu Indonesia Event Industry Council (IVENDO), Indonesia Wedding Organizer Company Association (HASTANA), dan Event Organizer Community (EOC) Indonesia mengumumkan kolaborasi strategis.

Kolaborasi strategis ini merupakan bentuk dukungan OYO sebagai jaringan hotel di Indonesia dalam mendorong perkembangan sektor pariwisata khususnya di bidang MICE dan Event. Terutama dalam hal penyediaan akomodasi berkualitas dan terstandarisasi dengan harga terjangkau.


StickEarn berkolaborasi dengan Ming inisiasi videotron berjalan

StickEarn, startup teknologi periklanan yang mentransformasi sarana transportasi menjadi platform iklan luar ruang yang terukur, mengumumkan kerja samanya dengan Ming Promotion, perusahaan penyedia jasa periklanan dalam ruang.

Lewat kolaborasi ini, kedua belah pihak berusaha untuk terus menjawab kebutuhan iklan di Indonesia dengan menghadirkan lebih dari 50 unit videotron raksasa yang dinamakan MOBILE LED. MOBILE LED berjalan di atas truk yang didesain khusus dan mengitari rute-rute pusat bisnis, komersial, dan kawasan perkantoran.


Aplikasi kursus bahasa asing Cakap luncurkan Japanese Club

Aplikasi belajar bahasa asing, Cakap memperkenalkan layanan terbarunya di event Disrupto. “Cakap Japanese Club” tersebut memberikan fitur belajar bahasa Jepang secara berkelompok yang diharapkan bisa menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia yang hendak belajar bahasa Jepang secara daring.

“Salah satu keunggulan Cakap Japanese Club adalah fitur belajar bersama yang akan di fasilitasi oleh sensei-sensei yang berkualitas. Dengan berbagai topik dan materi tentang dunia pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan perbendaharaan kosakata dan kemampuan berbahasa Jepang,” kata Ubaidillah, Course Manager Cakap.


Berita Startup dan Teknologi Lainny


Acara Startup dan Teknologi Minggu Depan

Tanggal: Kamis, 5 Desember 2019
Waktu: 13.30 WIB – 15.30 WIB
Lokasi: IDX Incubator, Menara mandiri I Lantai 16, Jl. Jend Sudirman Kav 54-55 Jakarta, Kuningan Tim, Kuningan, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12950.

Tanggal: 30 November 2019
Waktu: 10.00 WIB – 12.00 WIB
Lokasi: GoWork Menara Rajawali – Coworking and Office Space, Jalan Doktor Ide Anak Agung Gde Agung Setia Budi, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950.

Tanggal: Kamis, 5 Desember 2019
Waktu: 13.00 WIB – 18.00 WIB (registrasi dimulai pada 12.00 WIB)
Lokasi: BLOCK71 Jakarta, Ariobimo Sentral L8, Kuningan Timur, Jakarta Selatan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: