31.jpg

Semua orangtua yang anak-anaknya sedang merengek minta jam tangan GPS, wajib baca ini!

Suara.com – Jam tangan GPS sedang hits di kalangan anak-anak balita dan usia sekolah dasar. Jam tangan yang menurut iklannya bisa telepon, video call, dan bisa dipakai berenang karena anti air ini berhasil memukau jutaan anak dan membuat mereka akhirnya merengek pada orangtuanya agar dibelikan jam tangan tersebut.

Anda yang memiliki anak di segmen usia di atas, pasti paham dengan kegalauan massal para orangtua saat ini. Jam tangan GPS ini memang bukan sembarang jam tangan. Ini seperti halnya smartwatch untuk anak-anak, yang juga bisa dipakai untuk menelepon dan video call (jika dilengkapi dengan kamera!).

Berkat jam tangan GPS ini, para orangtua dapat tetap terhubung dengan anaknya sepanjang hari, bahkan mengetahui dengan tepat dan akurat keberadaan mereka lewat bantuan GPS tracker.

Tapi masalahnya, jam tangan ini dibanderol dengan harga yang tak murah. Salah satu merek yang saat ini sedang digandrungi anak-anak, imoo, membanderol jam tangannya mulai dari harga Rp 900 ribuan untuk tipe Y1 hingga Rp 3 jutaan untuk tipe Z5. Dan, kebanyakan anak akan menolak jam tangan tipe Y1 dengan alasan tidak ada kameranya, sehingga mereka tidak bisa melakukan video call. Jadi, harus dibelikan yang Rp 3 jutaan, gitu?

Menilik situasi dan kondisi di atas, tak heran kan, kalau orangtua akhirnya menjadi dilema. Beberapa bahkan memilih jalan pintas, dengan membelikan jam tangan GPS tiruan, yang meski sama-sama menggunakan jaringan internet 4G, akurasinya sangat tidak bisa diandalkan.

Nah, untuk Anda para orangtua yang masih dilema, artikel ini sama sekali tidak mendorong Anda membelikan jam tangan GPS untuk anak umur 5 tahun. Sekadar pertimbangan, apa saja keuntungan dan kekurangan yang akan didapat jika Anda menuruti rengekan si kecil. Ini dia, seperti dirangkum dari laman Watchful Dad.

1. Jam tangan GPS bisa jadi substitusi bagi anak yang masih terlalu muda untuk memiliki ponsel sendiri.
Ponsel masih tetap menjadi pilihan terbaik untuk berkomunikasi. Tapi, ketika masih terlalu dini untuk membekali anak dengan ponsel, jam tangan GPS ini bisa menjadi solusi. Cara mengoperasikan teleponnya pun sangat mudah, cukup menggeser layar hingga menemukan nama anggota keluarga yang sudah didaftarkan sebagai kontak.

2. Jam tangan GPS bisa menjadi pelindung virtual bagi anak.
Kekhawatiran terbesar orangtua adalah saat anaknya tidak berada di dekatnya. Jam tangan GPS, selain bisa mendeteksi keberadaan anak dengan akurat, juga umumnya dibekali teknologi geofencing atau pagar geografis virtual. Teknologi ini memungkinkan orangtua menyetel radius zona aman untuk anak, misalnya dihitung dari lokasi sekolah, rumah, atau lokasi Anda ketika jalan-jalan di mal atau pusat keramaian lainnya. Jadi, ketika anak keluar dari batas aman yang telah disetel sebelumnya, Anda akan mendapat alarm peringatan.

3. Jam tangan GPS bisa memuaskan keinginantahuan anak pada smartphone tanpa menjadi kecanduan.
Apa yang membuat anak-anak sangat menyukai smartphone? Karena kemampuan smartphone yang tanpa batas dalam menghibur dan memenuhi rasa ingin tahu anak. Nah, jam tangan GPS ini punya fungsi yang hampir mirip dengan smartphone, namun tanpa youtube atau games. Jika dilengkapi game pun, pastilah terbatas. Itu sebabnya, jam tangan GPS bisa jadi pemuas bagi anak yang penasaran dengan smartphone milik orangtuanya, tapi dengan fitur yang lebih terbatas atau sederhana. Ini yang jadi dilema, fitur sederhana, tapi harga melampaui ponsel berfitur setara.

4. Jam tangan GPS membatasi hanya orang-orang yang diijinkan saja yang bisa menghubungi anak.
Jika anak sudah diizinkan membawa ponsel sendiri, semua orang bisa menghubunginya, bahkan orang tak dikenal sekalipun. Begitu juga dengan berbagai pesan spam bisa masuk ke dalam inbox-nya. Tapi, jam tangan GPS biasanya punya fitur yang membatasi hanya kontak terdaftar saja yang bisa menghubungi anak, baik lewat panggilan suara maupun chat.

5. Jam tangan GPS bisa berfungsi sebagai informasi darurat bagi anak
Saat anak terpisah dari orangtuanya di keramaian, kebanyakan anak akan menangis karena tak tahu apa yang harus dilakukannya. Situasi seperti ini ditangkap oleh produsen jam tangan GPS untuk kemudian memasukkan fitur SOS pada produknya. Jadi, anak tinggal pencet SOS, dan notifikasi pun langsung muncul di ponsel orangtua, lengkap dengan lokasi akurat keberadaan anak.

Nah, itulah sekelumit hal yang perlu orangtua ketahui tentang jam tangan GPS yang sedang digandrungi anak-anak balita zaman now. Terlepas dari segala kelebihannya, keputusan ada di tangan Anda, karena secanggih apapun teknologi, sebaik-baiknya penjaga dan penghibur anak adalah orangtuanya. Iya kan?

Advertisements

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.