08

JAKARTA,  Samsung pernah mengeluarkan ponsel tenaga surya  pada 2009 dengan perangkatnya yang dinamai Solar Guru,  teknologi itu  gagal.

CELEBES TOP NEWS – Ponsel Samsung Guru E1107  menggunakan tenaga surya namun perlu mendapat pasokan daya setidaknya satu jam agar bisa dipakai melakukan panggilan singkat. Namun, ponsel ini dirancang untuk pasar di mana pemadaman listrik biasa terjadi sehingga elemen surya hanya diperlukan sebagai cadangan.

Xiaomi ingin mengubahnya dengan mengajukan paten untuk perangkat yang dilengkapi panel surya.

LetsGoDigital, baru-baru ini mengulas Xiaomi dengan sejumlah gambar smartphone dilengkapi panel surya di bagian belakang di bawah lensa kamera.

Salah satu masalah signifikan dengan mengembangkan teknologi bertenaga surya adalah tidak dapat menghasilkan energi yang cukup.

Kemungkinan panel surya Xiaomi akan bekerja dengan cara sama. Dengan demikian, teknologi ini akan memberikan peningkatan baterai yang sangat dibutuhkan  jika daya hampir habis, tapi tidak akan menggantikan pengisi daya tradisional ponsel.

Gambar dalam paten menunjukkan apa yang tampak sebagai port pengisian daya USB Type-C di bagian bawah perangkat. Perlu dicatat juga bahwa teknologi surya telah meningkat secara signifikan sejak Samsung pertama kali terjun ke ponsel bertenaga surya.

Sejumlah produsen telah merilis pengisi daya ponsel portabel bertenaga surya, misalnya, sehingga panel Xiaomi bisa terbukti lebih berguna daripada Samsung.

Advertisements

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.