Artis India- Preity Zinta

04.jpg

Preity Zinta adalah seorang aktris India yang dikenal karena karyanya dalam perfilman Bollywood. Ia memulai debutnya pada 1998 dengan sebuah peran pendukung dalam drama Dil Se.. dan membintangi sebuah film thriller yang sukses secara komersial yang berjudul Soldier. Untuk kedua film itu, ia memenangkan sebuah Penghargaan Filmfare dalam kategori Debut Perempuan Terbaik. Pada 1999, Zinta memainkan peran petugas CBI dalam film thriller psikologi Sangharsh. Ia menyusul film tersebut dengan sebuah peran sebagai ibu tunggal remaja dalam sebuah film drama yang disutradarai oleh Kundan Shah yang berjudul Kya Kehna (2000), suatu sleeper hit. Pada tahun yang sama, ia membintangi film percintaan Har Dil Jo Pyar Karega, dan film drama kejahatan Mission Kashmir, film Bollywood dengan keuntungan tertinggi ketiga pada tahun tersebut.

Pada 2001, Zinta tampil dalam film dramedi Dil Chahta Hai, yang disebut dalam media sebagai sebuah film yang menggambarkan sinema Hindi. Berikutnya pada tahun yang sama, ia memerankan seorang pelacur yang beralih melakukan surogasi dalam film drama percintaan Chori Chori Chupke Chupke. Satu-satunya penampilan layar lebarnya pada 2002 adalah dalam film box-office yang gagal Dil Hai Tumhaara. Zinta tampil dalam empat film pada 2003. Peran pertamanya dalam tahun tersebut adalah beradu peran dengan Sunny Deol dalam film drama Anil Sharma The Hero — film Bollywood paling mahal pada waktu itu. Ia memainkan peran negatif dalam film drama percintaan Armaan, yang ia memerankan seorang wanita kaya raya yang mengidap skizofrenia. Setelah ini, ia membintangi dua blockbuster—film fiksi ilmiah Koi… Mil Gaya dan film drama Kal Ho Naa Ho. Karena film Kal Ho Naa Ho, ia memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Aktris Terbaik.

Zinta berperan sebagai seorang jurnalis dalam film drama perang 2004 Lakshya, yang tampil buruk di box-office. Selain itu, pada 2004, ia memainkan peran perempuan utama dalam film percintaan segitiga disutradarai Yash Chopra, Veer-Zaara, bersama Shah Rukh Khan. Film tersebut menjadi film Bollywood dengan keuntungan tertinggi pada tahun tersebut. Ia kemudian tampil dalam film komedi percintaan 2005 Salaam Namaste dan film drama ensembel 2006 Kabhi Alvida Naa Kehna, yang keduanya ditampilkan dengan baik di luar India. Sementara ia memerankan joki radio dalam film Salaam Namaste, Zinta berperan sebagai wanita yang telah menikah yang tak bahagia dalam film Kabhi Alvida Naa Kehna. Ia menyusul film tersebut dengan peran-peran dalam film Jaan-E-Mann (2006) dan Jhoom Barabar Jhoom (2007) yang mengalami kegagalan secara komersial. Zinta tampil dalam film Kanada Heaven on Earth (2008), film produksi luar negeri pertamanya.

Pada 2011, Zinta membawakan acara realitas Guinness World Records – Ab India Todega dan acara bincang-bincang Up Close & Personal with PZ. Pada tahun yang sama, ia juga meluncurkan perusahaan produksinya, PZNZ Media, yang di bawahnya ia memproduksi dan membintangi film komedi percintaan 2013 Ishkq in Paris, yang tampil buruk di box-office.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: