04.jpg

Priyanka Chopra (bahasa Hindi: प्रियंका चोपड़ा, diucapkan [prɪˈjəŋkaː ˈtʃoːpɽaː]; lahir 18 Juli 1982) adalah seorang aktris India dan mantan Miss World. Sebelum memulai karier aktingnya, ia bekerja sebagai model dan mendapatkan ketenaran setelah memenangkan gelar Miss World pada tahun 2000. Salah satu selebriti India dengan bayaran tertinggi dan paling populer, Chopra telah menerima berbagai penghargaan, termasuk Penghargaan Film Nasional dan lima Penghargaan Filmfare. Pada tahun 2016, Pemerintah India menghormatinya dengan Padma Shri, penghargaan sipil tertinggi keempat, dan majalah Time menamai dia salah satu dari “100 orang paling berpengaruh di dunia”.

Chopra memulai debut aktingnya melalui Film Tamil tahun 2002 Thamizhan. Tahun berikutnya, ia membuatnya debut film Bollywoodnya melalui film The Hero: Love Story of a Spy dan diikuti dengan film hit Andaaz, di mana ia memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Debut Perempuan Terbaik. Pada tahun 2004, ia menjadi wanita kedua yang memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Penjahat Terbaik, yang ia terima untuk penampilan kritisnya dalam film Aitraaz. Chopra kemudian sukses secara komersial melalui film seperti Mujhse Shaadi Karogi (2004), Krrish (2006) dan Don: The Chase Begins Again (2006). Pada tahun 2008, Chopra menerima Penghargaan Film Nasional untuk Aktris Terbaik, serta Penghargaan Filmfare untuk Aktris Terbaik untuk perannya sebagai model dalam Mode dan dengan demikian telah menetapkan dirinya sebagai salah satu aktris terkemuka kontemporer di Bollywood.

Sebagai seorang filantropis, Chopra telah bekerja dengan UNICEF sejak 2006 dan ditunjuk sebagai UNICEF Goodwill Ambassador nasional dan global untuk Hak Anak masing-masing pada tahun 2010 dan 2016. Ia mempromosikan berbagai isu sosial seperti lingkungan, kesehatan dan pendidikan, serta hak-hak perempuan, dan vokal terhadap kesetaraan gender dan feminisme. Sebagai artis rekaman, ia telah merilis tiga singel. Dia juga adalah pendiri dari perusahaan produksi Purple Pebble Pictures, yang merilis drama-komedi Marathi Ventilator (2016). Meskipun menjaga privasinya, kehidupan di luar layar Chopra adalah subjek dari liputan media yang substansial. Dia menikah dengan penyanyi Amerika Nick Jonas.

Kehidupan pribadi

Chopra telah mempertahankan hubungan yang kuat dengan keluarganya, termasuk adik laki-lakinya, Siddharth, dan tinggal di sebuah apartemen di lantai yang sama dengan keluarganya. Dia sangat dekat dengan ayahnya, yang meninggal pada Juni 2013; pada tahun 2012, dia mendapat tato bertuliskan “Daddy’s lil girl”, dalam tulisan tangannya. Karena tidak datang dari latar belakang film yang ia menggambarkan dirinya sebagai seorang wanita mandiri. Ibunya, seorang ginekolog ternama di Bareilly, menghentikan prakteknya untuk mendukung Chopra saat ia memulai pada karier film.

Chopra and Jonas di Jodhpur pada tahun 2018

Sebagai seorang pemeluk agama Hindu, Chopra melakukan puja setiap pagi di sebuah kuil kecil yang terdiri dari berbagai murti dewa-dewi Hindu di rumahnya, yang bahkan ia bawa bersamanya. Meskipun dia dikenal karena sikapnya yang ramah terhadap media, Chopra enggan berbagi secara terbuka mengenai kehidupan pribadinya. Dia sebelumnya telah dikaitkan secara romantis dengan sesama aktor Akshay Kumar, Shahid Kapoor, dan Harman Baweja. Pada 2018, ia memulai hubungan dengan musisi dan aktor Nick Jonas. Dia telah menandatangani untuk berperan sebagai salah satu wanita terkemuka dalam film Bharat, tapi memilih hari sebelum syuting adegannya. Nikhil Namit, produser film, mengatakan bahwa dia berhenti karena pertunangannya dengan Jonas dan menuduhnya sebagai “sedikit tidak profesional”. Chopra dan Jonas bertunangan pada Agustus 2018 dalam sebuah upacara Punjabi Roka. Pada bulan Desember 2018, pasangan ini menikah di Istana Umaid Bhawan, Jodhpur dalam upacara tradisional Hindu dan Kristen.

Advertisements

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.