124

India merupakan negara yang memiliki banyak keindahan sejarah dan budaya. India adalah negara yang perlu dieksplorasi untuk menjadikannya lebih menarik.

Tempat-tempat yang dapat dikunjungi

India adalah negara besar yang berbeda di setiap tempatnya, beberapa area mungkin dingin di suatu bagian dari tahun, namun area lainnya mungkin saja panas. Perbedaan tersebut juga nampak dari arsitektur dan budaya tiap-tiap daerah. Berikut adalah beberapa tempat yang dapat dikunjungi ketika mengunjungi India.

1. Agra

Saat mendengar soal Agra, kebanyakan akan langsung teringat Taj Mahal yang merupakan struktur terikonik dan dikenal di India. Maka itu, Taj Mahal yang merupakan Situs Warisan UNESCO ini menjadi tujuan utama kebanyakan pengunjung.

125.jpg

Salah satu atraksi wista yang wajib dikunjungi di dekat Taj Mahal adalah Benteng Agra, situs yang masuk dalam daftar warisan UNESCO ini sudah berdiri sejak abad ke-11. Harga tiket untuk kedua tempat ini adalah 1000 Indian Rupee (INR) (sekitar Rp 200 ribu) per orang.

126.jpg

2. Delhi

Delhi adalah kota yang indah yang memiliki ketertarikan sendiri karena adanya gabungan dari kekayaan budaya dan sejarah dengan modernitas. Salah satu atraksi kota ini adalah Benteng Merah, sebuah bangunan yang dulu merupakan kediaman dari kekaisaran Mughal selama dua abad. Pengunjung dapat memasuki benteng ini hanya dengan membayar tiket seharga INR 250 (sekitar Rp 52 ribu).

127.jpg 128.jpg

Selain itu, reruntuhan bersejarah di Qutub Minar ini masuk dalam Warisan Budaya Dunia menurut UNESCO dan menjadikannya salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Delhi. Bangunan setinggi 72,5 meter ini memiliki lebih dari 300 anak tangga dan dibuat pada 1193. Untuk mengunjungi tempat ini perlu membayar harga tiket masuk sebesar INR 250 (sekitar Rp 52 ribu).

129.jpg

3. Jaipur

Jaipur adalah ibu kota Rajashtan dan merupakan kota terbesar. Sebutan lainnya adalah Pink City karena kota ini diwarnai oleh bangunan-bangunan berwarna merah muda. Ada beberapa tempat-tempat yang layak dikunjungi ketika sedang berada di kota ini.

130.jpg

Hawa Mahal adalah salah satu bangunan yang paling dikenal di Jaipur, bangunan ini biasa disebut “Palace of Winds” dan dibangun pada 1799 oleh Maharaja Sawai Pratap Singh.

131.jpg

Benteng-benteng dan beberapa istana memang yang menjadikan Rajasthan dikenal, salah satunya adalah City Palace. Kompleks ini berada di tengah-tengah kota dan di dalamnya terdapat beberapa tempat wisata seperti Mubarak Mahal, Diwan-I-Kas, dan Chandra Mahal.

132.jpg

Jantar Mantar yang bertempat di Jaipur adalah Situs Bersejarah Dunia menurut UNESCO. Secara sederhana, Jantar Mantar merupakan jam yang besar. Kompleks ini merupakan kumpulan dari instrument astronomi yang dulu digunakan oleh suku India kuno.

133.jpg

Kemudian ada pula Amer atau Benteng Amber, sebuah struktur megah ini dibangun oleh Raja Man Singh. Kompleks besar ini memiliki pekarangan yang indah, tempat ibadah, pintu masuk kokoh, dan desain di sekeliling temboknya.

Harga tiket gabungan untuk mengunjungi semua tempat wisata tersebut secara keseluruhan seharga INR 400 (sekitar Rp 82 ribu).

4. Varansi

Varansi adalah kota tua yang kaya akan sejarah, kota ini juga ‘menantang’ indera karena banyak sapi berlalu-lalang, mayat-mayat di tepian sungai, dan ritual yang digelar di Sungai Ganga. Ganga sendiri merupakan sungai yang dianggap suci bagi orang Hindu, mereka memuja sungai tersebut sebagai dewi Ganga dalam ajaran agama mereka. Sungai ini juga merupakan sumber air utama bagi warga lokal.

Kuil Sarnath menjadi tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Varansi karena kuil ini adalah tempat Buddha berkhotbah untuk pertama kalinya. Orang-orang Buddha datang dari berbagai macam belahan dunia untuk mengunjungi Sarnath. Jika ingin mengunjugi kuil ini perlu membayar biaya masuk sebesar INR 100 (sekitar 20 ribu).

Berapa banyak pengeluarannya?

India merupakan destinasi yang patut digemari backpacker karena terhitung memiliki biaya terjangkau dibanding beberapa negara-negara Asia Tenggara lainnya. Secara rata-rata, pengeluarannya berada di antara Rp 200 ribu hingga Rp 260 ribu perhari.

Akomodasi terhitung murah, dan bahkan jika menginap di hostel murah, hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 77 ribu hingga Rp 130 ribu permalamnya. Makanan di India juga memiliki harga termasuk terjangkau, terdapat makanan dengan harga Rp 10 ribu hingga Rp 12 ribu, bahkan ada yang lebih murah.

Yang dapat memakan pengeluaran cukup besar adalah wisata perjalanan yang dilakukan selama di India. Contohnya adalah harga tiket ketika berkunjung ke Taj Mahal dan Benteng Agra seharga Rp 196 ribu perorang.

Pengeluaran terbesar lainnya kala berkeliling di India adalah transportasinya. Beberapa kota memiliki jaringan metro yang dapat menghemat biaya perjalanan mengelilingi kota. Harganya beskisar antara Rp 2 ribu hingga Rp 3 ribu tergantung jauhnya destinasi.

Namun, untuk perjalanan jarak jauh dengan menggunakan kereta, perlu merogoh kocek sebesar Rp 258 ribu untuk kelas utama dan Rp 33 ribu untuk kelas yang lebih murah. Langsung cek kupon PegiPegi untuk kalian yang mau pergi ke India!

 

Advertisements

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.