09

Banyak orang lebih suka TV layar lebar. Tapi sayang, mereka tak punya ruangan besar. Pada Consumer Electronics Show (CES) 2019 pada 8-11 Januari 2019 di Las Vegas, LG Electronics punya solusi bernama LG Signature OLED TV R (model 65R9) yang diperkenalkan sebagai TV OLED gulung pertama. Meskipun serupa, perangkat ini tak sama seperti kue bolu gulung.

Pertimbangan TV sebagai bagian dari interior ruangan agaknya menjadi inspirasi LG.

Alhasil LG Signature OLED TV R lebih dari sekedar motivasi LG untuk demonstrasi kecanggihan dan kecakapan teknis. Jika mencermati fleksibilitas perangkat, TV OLED berukuran 65 inci ini memiliki kemampuan adaptasi pada ruang.

Menurut LG, form factor TV OLED ini dibuat dengan tujuan memperluas kemungkinan penempatannya dengan menyesuaikan ruang rumah penggunanya. Dipadukan inovasi pada visual dan audio, LG Signature OLED TV R menjadi cara yang benar-benar baru dalam menikmati hiburan melalui TV.

LG Signature OLED TV R memang menjadi TV OLED pertama di dunia dengan kelenturan layar yang membuatnya dapat digulung (rollable). Perhatian LG bukan cuma soal bentuk, melainkan juga fungsi.

Jadi konsep “TV gulung” layak dijadikan inisial ‘R’ pada seri LG Signature OLED TV R. Inisial R ini seolah tak hanya mewakili “revolusi” teknologi, namun juga mendefinisikan kembali (redefining) ruang menonton dengan kemampuan layarnya yang dapat bergulung.

Layar TV OLED yang menggulung ini tersedia dalam tiga opsi yaitu Full View, Line View dan Zero View. Seperti namanya, Full View merupakan tampilan penuh layar TV. Cukup dengan satu sentuhan tombol, layar TV akan muncul perlahan bergerak vertikal hingga seluruh layar terbentang. Namun ketika tak digunakan, layar TV ini akan kembali bergerak turun ke bawah hingga tak terlihat sama sekali.

Sementara opsi tampilan Line View akan membuat layar LG Signature OLED TV R hanya akan muncul sebagian. Pilihan tampilan ini berguna saat pemiliknya ingin mengoperasikan berbagai fitur yang tak memerlukan tampilan layar TV penuh. Semisal tampilan jam, frame, mood, music dan akses pada dashboard

Pada opsi tampilan Zero View, seluruh bentang layar 65 inci dari LG Signature OLED TV R akan benar-benar tak terlihat, menggulung tersembunyi pada bagian landasannya. Namun demikian, pengguna masih tetap akan dapat menikmati musik maupun audio lain melalui sistem audio Dolby Atmos 4.2 channel bertenaga 100W.

Perintah Suara

Dukungan pengembangan pengolahan gambar dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligent – AI) dan prosesor terkini LG α (Alpha) 9, memberikan pengguna LG Signature OLED TV R pengalaman visual dan audio yang mengesankan. Pengguna pun dapat mengoperasikan TV OLED LG ini melalui perintah suara berkat Amazon Alexa.

Sejak era modern, perkembangan TV berfokus pada kompetisi dua hal yaitu bentang layar yang semakin membesar, bersanding dengan peningkatan pada resolusi. Namun keuntungan yang didapat pengguna itu mesti ditukar dengan bentuk persegi TV. Dominasi warna hitam pun akhirnya malah mendominasi ruangan saat TV dalam keadaan tak aktif.

Kondisi itulah yang kemudian mendorong berbagai pabrikan berupaya membuat layar TV terus menjadi lebih tipis dari sebelumnya. LG berfokus pada desain bingkai TV yang bisa membaur sehingga memberikan pengalaman menyaksikan TV yang lebih baik.

Melalui perkenalan LG Signature OLED TV W pada tahun 2018, LG sebenarnya sudah beranjak dari konsep tradisional. Dengan lebih menitikberatkan fokus pada kesederhanaan layar, LG Signature OLED TV W pernah mendapat julukan wallpaper TV. Varian itu menjadi pembuktian LG bahwa TV dapat memberikan kinerja, kehalusan sekaligus keindahan pada saat bersamaan

LG Signature OLED TV R menjadi representasi keberhasilan LG dalam mencipta layar TV yang mampu muncul dan menghilang. Jadi bagaimana setelah CES 2019, sudah percaya ada TV gulung?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.