38

Jam digunakan untuk melihat waktu. Namun, sekarang lebih dari itu. Jam ternyata menyiratkan tentang identitas seseorang. Selain itu, cowok yang memakai jam tangan akan memiliki kesan selalu memperhatikan waktu dan tepat waktu dalam menjalankan aktivitas.

Untuk memilih jam yang kompatibel dengan diri sendiri bukanlah sesuatu yang terlalu sulit, tetapi perlu lebih banyak perhatian. Alasannya, pilihan yang kurang tepat cuman akan membuat penampilan kurang baik. Pilihan bahan yang baik juga akan menentukan seberapa baik jam tangan itu.

1. Pilih jenis jam tangan yang cocok dengan acara

39.jpg

Harus tahu jenis jam tangan itu apa saja. Setidaknya, sampai terbitnya tulisan ini ada tiga jenis jam tangan yang beredar, yaitu analog, analog-digital dan digital. Jenis analog masih menggunakan arloji, sedangkan digital menggunakan LED atau layar LCD untuk menunjukkan waktu. Sedangkan analog-digital memiliki keduanya.

Jam analog akan memberikan kesan tradisional dan biasanya cocok untuk kegiatan bisnis dan acara formal lainnya. Jam digital akan terlihat lebih kasual. Sedangkan untuk alasan praktis, jam analog-digital bisa digunakan setiap hari, tetapi nggak cocok dalam acara formal.

2. Identifikasi sumber penggeraknya

40.jpg

Selanjutnya, yaitu mengidentifikasi sumber penggeraknya. Sampai terbitnya tulisan ini, ada tiga jenis, yaitu baterai, kuarsa dan mekanik. Untuk jenis baterai dan kuarsa keduanya mengandalkan energi listrik yang dialirkan dari baterai.

Jenis jam yang baterai adalah yang termurah dan paling sering terlihat. Sedangkan jenis kuarsa sedikit lebih mahal daripada versi baterai. Untungnya, biaya perbaikan sangat minimal. Karena, pada dasarnya nggak perlu terlalu sering mengganti baterai.

Sedangkan jenis mekanik mengandalkan si pengguna untuk bisa berputar. Karena, jenis ini nggak memiliki sumber listrik seperti baterai. Tipe ini yang paling mahal dan paling berkelas. Para kolektor akan bersedia mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkannya.

3. Pilih merek jam tangan yang berkualitas

41.jpg

Merek itu penting! Karena, akan menentukan kualitas jam tangan yang dipilih. Biasanya, setiap vendor memiliki jenis jam yang serupa. Jangan ragu untuk bertanya pada keluarga, kerabat dan bahkan teman tentang merek tertentu.

Intinya, ketahui kelebihan dan kekurangan jam tangan dari merek yang akan dibeli.

4. Material jam tangan juga harus diperhatikan

42.jpg

Bahan pembuat jam akan sangat menentukan harga yang ditetapkan untuk suatu jam. Pentingnya memperhatikan bahan-bahan dasar akan menentukan jumlah uang yang dibelanjakan. Nah, semakin baik bahannya, semakin mahal harganya.

Selain itu, pemilihan bahan ini juga akan mempengaruhi kenyamanan ketika mengenakannya. Terkadang juga, ada yang memilih jam tangan berdasarkan strap / tali pengikatnya. Berikut, sedikit ulasan dari strap jam tangan yang sering terlihat dan terdengar.

a. Tali dengan bahan karet
Jam tangan dengan tali karet selalu digunakan untuk kegiatan luar, sehingga nggak cocok untuk digunakan dalam acara formal. Jam dengan tali ini cocok untuk pelancong atau pekerja lapangan.

b. Tali dengan bahan logam
Jam tangan ini sangat cocok untuk menghadiri acara formal. Dengan tali jam tangan ini, akan terlihat lebih macho. Sebenarnya, bisa digunakan di mana saja kecuali olahraga, karena jika berkeringat akan terasa licin.

c. Tali dengan bahan kulit
Kelebihannya sederhana dan elegan. Karena, mudah untuk mengganti talinya dan disarankan untuk mengatur warna tali dengan gaya berbusana. Untuk hangout atau bekerja di kantor juga sangat cocok.

d. Tali dengan bahan nilon
Jam tangan yang terbuat dari ikatan nilon dijamin sangat kuat. Instalasinya juga praktis dan bisa dipakai di alam bebas. Sebagian besar pemakainya adalah militer.

Dalam beberapa kasus, segelintir orang memiliki kulit sensitif terhadap jam tangan logam dan alergi terhadap bahan plastik. Jadi, identifikasi diri sendiri dan kemudian pilihlah dengan bijak, ya!

5. Sesuaikan dengan gaya yang “Gue Banget”

43.jpg

Salah satu cara untuk terlihat oke dengan jam tangan, adalah memilih yang sesuai dengan gaya pribadi diri sendiri. Jika suka dengan tipe yang sporty, ada baiknya memilih jam yang dilengkapi detak jantung dan memiliki bahan karet yang nyaman.

Sementara itu, jika lebih menyukai tipe formal, lebih baik pilih jam tangan analog. Pilihannya kembali pada kebutuhan dan gayamu, bro!

6. Jangan lupa untuk mencobanya sebelum dibayar

44.jpg

Sebelum akhirnya memutuskan untuk beli dan bayar, harus dicoba terlebih dahulu. Tujuannya, untuk menyesuaikan ukuran sesuai dengan pergelangan tangan.

Caranya cukup sederhana. Coba gerakan jam tangan ke atas dan ke bawah di pergelangan tangan. Ketika bisa bergerak, berarti jam tangan terlalu besar. Namun, jika nggak bisa bergerak dan meninggalkan bekas, itu berarti jam tangan terlalu kecil.

Pilih yang tepat supaya nyaman ketika dipakai, ya!

7. Fitur tambahan jangan sampai diluputkan

45.jpg

Luwesnya, ketika sudah membuat pilihan, seharusnya sudah tahu fitur apa yang dijajakan oleh jam tangan pilihan. Semakin banyak fitur, maka harganya akan semakin mahal. Misalnya, fitur water resist. Ketahanan jam akan tergantung pada seberapa dalam jam tenggelam di air, berapa lama dan berapa banyaknya air.

Jika ingin fitur yang sudah terbilang lengkap, pilih smartwatch. Fleksibilitas dan gaya, membuat banyak orang membeli jam tangan pintar ini. Namun, jam tangan pintar harus diisi ulang dayanya setiap hari. Jam tangan ini cocok dikenakan untuk acara apa saja.

Sampai terbitnya tulisan ini, smartwatch sering diproduksi oleh perusahaan teknologi seperti Apple.Inc, Samsung dan beberapa perusahaan lain. Tapi ingat! Nggak semua jam tangan pintar ada fitur tahan air.

Demikian tips memilih jam tangan yang bisa membuat keren. Ingat! Jangan tergoda dengan model dan harga tertentu, karena bisa jadi jam tangan itu nggak cocok denganmu. Pilih yang nyaman dipakai akan lebih memuaskan daripada berdasarkan pada model dan harga.

Advertisements

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.