Apple Watch Bakal Bisa Identifikasi Pengguna via Tekstur Kulit

25

CUPERTINO, iNews.id – Sistem passcode telah digunakan Apple Watch mengidentifikasi pemakai dan membantu mengautentikasi pembayaran Apple Pay. Di masa depan bukan tidak mungkin Apple akan mengganti metode tersebut.

Apple tampaknya akan membuat metode yang lebih aman untuk Apple Watch mengidentifikasi penggunanya. Sebab, laporan dari Patently Apple mengungkapkan paten dari produsen pembuat iPhone itu.

Dari paten tersebut terlihat perusahaan bisa menanamkan sensor biometrik ke dalam band Apple Watch. Kemudian, sensor tersebut akan menangkap tekstur kulit pemakainya.

Artinya, saat jam tangan dilepas dan dipasang kembali, Watch bisa mengidentifikasi pengguna melalui tekstur kulit mereka. Mungkin juga bergantung pada penggunaan sensor gambar termal IR.

Sensor gambar termal IR ini nantinya akan berusaha mengidentifikasi kerutan di kulit pengguna untuk membantu membuat tekstur dan pola lebih unik, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Minggu (6/1/2019).

Sejauh ini belum bisa dipastikan apakah tekstur kulit merupakan opsi keamanan biometrik yang layak, terutama dengan autentikasi berbasis vena yang baru saja dibobol. Tapi, metode keamanan kulit ini merupakan ide yang unik.

Layaknya sebuah paten, tidak diketahui juga apakah Apple akan melanjutkan atau tidak pengembangannya. Oleh karena itu, masih perlu dilihat lagi kelanjutannya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: