32.jpg

Apa Itu Hublot?
Dalam pertandingan Piala Dunia 2018, saat pergantian pemain, official atau petugas pertandingan mengangkat papan pergantian pemain. Pada papan yang menampilkan nomor pemain yang akan masuk dan nomor pemain yang akan diganti tersebut, tertera tulisan Hublot. Nah, apa itu Hublot?

Hublot yaitu perusahaan pembuat jam tangan berkelas mewah yang berlokasi di Swiss. Hublot mulai merambah bidang olahraga sepakbola sejak tahun 2006 dengan menjadi sponsor tim nasional Swiss. Setelahnya, perusahaan yang berdiri pada tahun 1980 ini menjadi sponsor turnamen Euro 2008, Piala Dunia 2010, Euro 2012, Piala Dunia 2014, dan Piala Dunia 2018. Karena sudah turut mengambil bagian dalam ajang kompetisi Euro dan Piala Dunia, Hublot kemungkinan besar akan kembali menjadi sponsor kompetisi Euro dan Piala Dunia selanjutnya.

Awal mula ‘keterlibatan’ Hublot dalam bidang olahraga sepakbola yaitu gagasan Jean-Claude Biver. Chairman perusahaan Hublot, untuk mencari konsumen strategis. Menurutnya, para penikmat Piala Dunia merupakan pasar potensial bagi produk-produk Hublot. Dalam ajang Piala Dunia 2018 yang telah berlangsung di Rusia yang dimenangi oleh Prancis, Hublot membidik konsumen yang berasal dari kalangan masyarakat Rusia. “Rusia menjadi pasar penting bagi Hublot”, tuturnya dilansir dari situs hublot.com.

Selain menjadi sponsor Piala Dunia, Hublot pun menjadi sponsor beberapa ajang olahraga selain sepakbola dan sponsor beberapa tim olahraga selain sepakbola. Pada Maret 2010, Hublot ditunjuk menjadi sponsor kompetisi adu balap Formula 1. Hublot pun mensponsori Internasional Ski Federation World Ski Championship 2011 yang berlangsung di Oslo Pada November 2015, Hublot menjadi sponsor ajang World Baseball Softball Confederation yang berlangsung di Jepang dan Taiwan. Beberapa tim olahraga yang pernah disponsori antara lain tim Ferrari dalam ajang balap Formula 1 pada musim kompetisi 2013, 2014, dan 2015, klub basket Los Angeles Laker dan Miami Heat, klub sepakbola Manchester United, Bayern Munich, Juventus, Paris Saint Germain, dan Ajax Amsterdam.

Karena menjalin kerja sama dengan tim olahraga, Hublot merilis produk jam tangan mewah bertema tim olahraga yang disponsorinya. Salah satunya yaitu jam tangan mewah bertema Red Devil yang merupakan julukan Manchester United. Jam tangan berkelas mewah ini dapat kita amati pada gambar kedua diatas. Strategi bisnis ini tentunya akan menghasilkan pemasukan yang tak sedikit

Kesimpulannya, sebagai point penting, dalam dunia bisnis, tak dapat dipungkiri olahraga menjadi media strategis untuk memasarkan produk ke pasar yang lebih luas. Tak sedikit perusahaan yang menjadikan olahraga sebagai media untuk memasarkan produk-produknya. Nah, sebagai pecinta olahraga, apakah tertarik mengenakan jam Hublot? Dan juga, apakah tertarik mengenakan jam yang berasal dari Swiss ini untuk menemani kita melakukan aktivitas sehari-hari? Bila ya, selamat mengenakan jam tangan tersebut…

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: